Kamis, 03 Mei 2012
Kapan saya harus mengganti ban ?
Bagaimana saya mengetahui bahwa ban saya sudah tidak layak pakai ?
1. Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia dan pabrik ban mensyaratkan bila batas minimal ketinggian telapak ban adalah 1.6 mm yang di ukur berdasarkan kondisi permukaan ketebalan telapak yang rata dengan tanda TWI (Tread Wear Indicator). TWI berbentuk segitiga kecil dan terletak pada bagian samping / dinding ban merupakan simbol batas pemakaian ban.
2. Atau bila permukaan telapak ban telah rata dengan tonjolan yang terletak di dalam alur ban pada posisi sejajar dan segaris dengan tanda TWI.
3. Apabila telah timbul retak-retak pada sisi samping ban.
1. Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia dan pabrik ban mensyaratkan bila batas minimal ketinggian telapak ban adalah 1.6 mm yang di ukur berdasarkan kondisi permukaan ketebalan telapak yang rata dengan tanda TWI (Tread Wear Indicator). TWI berbentuk segitiga kecil dan terletak pada bagian samping / dinding ban merupakan simbol batas pemakaian ban.
2. Atau bila permukaan telapak ban telah rata dengan tonjolan yang terletak di dalam alur ban pada posisi sejajar dan segaris dengan tanda TWI.
3. Apabila telah timbul retak-retak pada sisi samping ban.
4. Atau hubungi tempat-tempat penjualan ban terdekat untuk mengetahui apakah ban saya masih layak atau tidak.
Apa sih kegunaan spooring mobil.???
G
|
una spooring untuk menentukan toe
in dan toe out , chaster, chamber agar posisi roda benar2 tepat duduk pada
asnya, supaya stir tidak narik kekanan atau kekiri, supaya ban tidak habis luar
atau dalam. Biasanya spooring hanya dilakukan untuk roda2 depan ( untuk
kebanyakan mobil di Indonesia ), karena roda belakang tidak bisa bergerak
kekanan/kekiri sehinggga tidak dilengkapi ball join, tirod, long tirod. Lakukanlah spooring setiap
habis mengganti kaki-kaki kendaraan atau setiap 10.000 km atau setiap 3 bulan.
- Cara termudah untuk mengetahui
kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring.
- Ketika
mobil dirasa mudah limbung dikecepatan tinggi, tau-tau berbelok.
- Disaat
setir dipegang lurus kedepan namun mobil malah berbelok perlahan atau setir
harus sedikit belok ketika ingin berjalan lurus.
- Saat
kecepatan diatas 120kpj setir terasa getar tidak karuan, bahkan seperti mau
lepas.
- Ketika
mobil berbelok namun setir tidak mau lurus kembali secara otomatis dan harus
manual menggunakan tangan.
- Keadaan
roda sudah miring baik roda depan maupun belakang.
Langganan:
Postingan (Atom)