G
|
una spooring untuk menentukan toe
in dan toe out , chaster, chamber agar posisi roda benar2 tepat duduk pada
asnya, supaya stir tidak narik kekanan atau kekiri, supaya ban tidak habis luar
atau dalam. Biasanya spooring hanya dilakukan untuk roda2 depan ( untuk
kebanyakan mobil di Indonesia ), karena roda belakang tidak bisa bergerak
kekanan/kekiri sehinggga tidak dilengkapi ball join, tirod, long tirod. Lakukanlah spooring setiap
habis mengganti kaki-kaki kendaraan atau setiap 10.000 km atau setiap 3 bulan.
- Cara termudah untuk mengetahui
kapan waktunya mobil harus dilakukan spooring.
- Ketika
mobil dirasa mudah limbung dikecepatan tinggi, tau-tau berbelok.
- Disaat
setir dipegang lurus kedepan namun mobil malah berbelok perlahan atau setir
harus sedikit belok ketika ingin berjalan lurus.
- Saat
kecepatan diatas 120kpj setir terasa getar tidak karuan, bahkan seperti mau
lepas.
- Ketika
mobil berbelok namun setir tidak mau lurus kembali secara otomatis dan harus
manual menggunakan tangan.
- Keadaan
roda sudah miring baik roda depan maupun belakang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar